Saturday, December 20, 2014

Berkunjung ke Kuala Kapuas


Tapak Tilas ke Kapuas

Sabtu, 14 Nopember 2014.

Kota yang sudah hampir 33 tahun tak bersua. Waktu tak memberi kesempatan padaku. Saat ini, Aku datang kembali...*sembari denger lagu 'sepanjang jalan kenangan.' 

Gerbang kota Kuala Kapuas
Kota Kuala Kapuas, ibukota Kabupaten Kapuas, Propinsi Kalimantan Tengah terletak paling selatan berdekatan dengan kota Banjarmasin. Maka tak heran, jalur termudah menuju kota Kapuas melalui jalan darat dari Banjarmasin Kalimantan Selatan, di banding dari Palangka Raya.
Kota  Air, sebutan yang pantas, karena Kapuas dikeliling air Sungai Kapuas. Jika kita duduk di dermaga, sejauh mata memandang, cuman air. Sebutan, kota AIR diartikan Aman, Indah dan Rapi. Kota ini memang sangat bersih, pantas saja di tahun 2011 mendapat Adipura.


Patung Perahu Naga
Melewati bundaran besar jalan Pemuda, kita disambut dengan Patung Perahu Naga yang berdiri megah dan cantik. Disamping Tugu, sebuah plang nama Kuala Kapuas berdiri dikelilingi taman yang terawat rapi. 
Tak banyak wisata yang datang kemari, maklumlah, apa sih yang ditawarkan? Hehehe...jujur, boleh kan. Jadi, kota ini, kebanyakan tempat persinggahan saja. Untuk belanja barang, masyarakat akan pergi menghambur uangnya ke kota Banjarmasin.Jarak satu jam setengah, dengan jalan mulus bagai jalan tol. Eh! malah terlalu mulus, bebas hambatan. Tak bisa dipungkirin, jika akhir pekan, masyarakat Kapuas akan hijrah ke Banjarmasin.

Sungai Kapuas
Kota Kapuas, masyarakatnya mengunakan bahasa Dayak dan Bahasa banjar.
Disini, masih ada beberapa rumah yang mempergunakan Rumah Papan...Jarang-jarang di Pulau Jawa pakai papan, kayu mahal dan susah didapat.
Yang asik buat menikmati Kapuas, jalan-jalan ke dermaga melihat kesibukan turun naik barang sembako untuk diantara ke kota seberang, serta hilir mudik perahu.
Mungkin itu saja, yang lain, belum sempat dikunjungi. Waktu terlalu singkat untuk mengulik lebih jauh tentang kota ini. Yang pasti, ingin tempat yang nyaman, jauh dari riuh lalu lalang kendaraan. mari berkunjung ke kota kuala Kapuas.
Narsis dulu 

Bersama Mama tercinta,dalam tapak tilas ke Kalimantan Tengah.


***






11 comments:

  1. Akh...jadi kangen dengan alam Borneo...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Janjian, Yuk. Kita ke Samarinda...kalo ada promo pesawat, trus nginap di saudara...hihhihihi, cari yang murah meriah dan bahagiaaa

      Delete
  2. wah , itu kapalnya yang aku suka unik. beberapa kali ada mak-mak yang memposting perahu itu, jadi aku penasaran, kapan bisa kesana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu, sebelum jalan darat dibangun, transportasi lewat perahu air besar namanya Kelorok Mak@Tira Soekardi...yg kecil namanya jukung atau sampan.

      Delete
  3. Ah ini dia setting tempat novel bang Tere Liye yg bikin aku mupeng mak Endah. Kapalnya itu, masih adakah lomba balapannya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada lomba mendayung jukung. Mari lejalen ke Kota Air.

      Delete
  4. Dulu zaman kecilku tinggal di Kalimantan mak..kotanya persis kya gini... jadi kangen Kalimantan nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya,..saya dari Kalimantan Tengah. Kota masa kecil memang, taka pernah terlupakan

      Delete
  5. Aduuh mak cakepnya ituh bunga2 seger banget liatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa..Tata kota dan pertamanannya sungguh indah dipandang mata Mak Irits

      Delete
  6. Ibu pernah tinggal lama di Kuala Kapuas?

    ReplyDelete